17 Kebiasaan Orang Sukses yang Perlu Anda Tiru Dari Sekarang

Ternyata kedisiplinan dan kebiasaan sehari-hari sangat berpengaruh pada kesuksesan seseorang. Kebiasaan-kebiasaan kecil yang diremehkan banyak orang justru punya peranan sangat besar bagi kehidupan seseorang di masa depan. Setiap usaha yang kita lakukan, sekecil apapun itu akan berdampak pada tingkat kesuksesan di masa depan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Thomas Corley, seorang penulis asal Amerika, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dilakukan orang kaya dan miskin. Penelitian ini melibatkan 361 responden, dimana 233 adalah orang dan 128 dari orang miskin. Dari penilitian yang dilakukan oleh Thomas Corley saat itu, ia menemukan ada 6 kebiasaan yang sama yang dilakukan oleh orang sukses dan kaya.

Semua orang bisa meraih sukses dalam karir dan kehidupan, Anda juga bisa. Namun, untuk menjadi orang sukses tidak semudah membalikkan lembaran kertas. Ada banyak motivator yang memberikan tips-tips untuk meraih kesuksesan hidup, faktanya tidak ada kesuksesan yang dicapai dengan mudah.

kebiasaan mereka bisa Anda tiru bila ingin menjadi orang sukses dan kaya. Berikut ini adalah tips menjadi orang sukses tersebut:

1. Orang Sukses Terbiasa Bangun Lebih Pagi

Image result for Orang Sukses Terbiasa Bangun Lebih Pagi

Orang-orang sukses terbiasa bangun lebih pagi dan mempersiapkan banyak hal sebelum mulai bekerja atau berkegiatan. Menurut penelitian Thomas Corley, ada sekitar 44% orang sukses bangun 3 jam lebih awal sebelum jam kerja. Kebiasaan bangun pagi lebih awal ini ternyata ada tujuannya, yaitu agar mereka punya waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum mulai bekerja dan bisa bekerja lebih tenang.

Ini adalah kebiasaan baik yang bisa Anda tiru bilang ingin menjadi sukses. Terbiasa bangun pagi bisa membuat Anda bisa menikmati kegiatan harian dengan tidak terburu-buru saat bersiap dan berangkat kerja. Selain itu, dengan bangun pagi lebih awal Anda juga bisa menambah wawasan dengan membaca berita dan informasi terkini.

Jadi, kalau mau sukses harus rajin bangun pagi ya.

2. Tidak Terusik dengan Apa yang Orang Lain Lakukan

Image result for selalu positif

Anda mungkin bisa belajar dari orang lain yang sudah sukses mengenai perjalanannya menuju kesuksesan, apa-apa yang harus dan jangan dilakukan, serta bagaimana cara mencapai sebuah kesuksesan.

Namun, jika Anda terus-menerus membandingkan kemajuan Anda dengan mereka, alih-alih membuat cerita mereka menjadi inspirasi, terkadang malah dapat berbalik membuat Anda merasa iri, stres, dan bergerak lambat.

Ingatlah selalu bahwa setiap perjalanan sukses masing-masing orang unik dan berharga, serta tidak dapat dibanding-bandingkan. Tetaplah fokus mengembangkan diri sendiri.

3. Hidup Seakan-akan Hari Ini Adalah Hari Terakhir di Dunia

Image result for Orang Sukses Terbiasa Bangun Lebih Pagi

Masing-masing orang menjalani harinya yang sibuk, hingga seakan-akan waktu untuk mewujudkan mimpi tergeser dengan segala pekerjaan yang harus dilakukan.

Perlu selalu diingat bahwa kehidupan ini sangatlah singkat. Anda tidak dilahirkan untuk hanya bekerja mengerjakan hal-hal yang tidak memberi kontribusi pada mimpi yang Anda bangun.

Kebiasaan orang-orang sukses adalah selalu menghidupkan saat ini, karena kemarin sudah berlalu dan esok masih belum pasti apakah masih diberikan nikmat usia.

4. Mereka Punya Target yang Harus Dicapai

Image result for Mereka Punya Target yang Harus Dicapai

Membuat sebuah target dan mencapainya adalah kebiasaan yang sering dilakukan orang-orang sukses. Mereka tidak terlalu memikirkan berapa jam yang dihabiskan untuk bekerja dalam sehari, mereka juga tidak menghabiskan waktu memikirkan tentang jadwal liburan. Mereka fokus ingin mencapai target yang sudah ditentukan.

Orang sukses punya rencana mengenai pekerjaan atau kegiatan apa yang akan dilakukan sehari-hari dan berusaha untuk membuat kegiatan tersebut produktif. Dengan membuat target yang jelas maka mereka akan lebih bersemangat dan termotivasi dalam bekerja.

5. Mengelilingi Diri dengan Orang-Orang yang Lebih Cerdas

Image result for Mengelilingi Diri dengan Orang-Orang yang Lebih Cerdas

Orang yang sukses tidak pernah segan untuk berada dekat dengan orang-orang yang lebih cerdas darinya. Orang sukses sadar bahwa orang yang lebih cerdas ada bukan untuk membuat minder, namun agar Anda dapat belajar sebanyak mungkin dari orang tersebut untuk meraih kesuksesan pribadi.

6. Berpikiran Terbuka (Open Mind)

Image result for Berpikiran Terbuka (Open Mind)

Selalu terbuka untuk ilmu-ilmu dan opini baru membuat seseorang akan memiliki pandangan yang lebih luas, sehingga lebih bijaksana dan lebih mudah dalam mencapai kesuksesan.

Kecuali Anda membentuk kebiasaan untuk berpikiran terbuka pada semua subjek, kepada setiap orang dan setiap waktu, Anda tidak akan menjadi pemikir yang hebat, tidak akan memiliki kepribadian yang menarik, dan tidak pernah benar-benar disukai orang.

7. Mereka Selalu Belajar Sepanjang Hidupnya

Belajar Sepanjang Hidup

Salah satu ciri-ciri orang sukses yang paling sering terlihat adalah rasa ingin tahu dan selalu punya keinginan untuk belajar. Yang dimaksud dengan belajar di sini bukanlah pendidikan formal, tapi belajar hal-hal lain yang bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, dan dari siapa saja. Di luar sana ada banyak hal baru yang bisa mendorong seseorang menjadi lebih berkembang, inilah yang membuat orang sukses selalu terdorong untuk terus belajar.

Seseorang yang sering belajar akan terlihat dari sikapnya dalam menghadapi sesuatu. Wawasan seseorang akan terlihat ketika mereka bertindak, bersikap, dan berkomunikasi dengan orang lain. Ketika ada kesempatan untuk belajar pada seseorang, biasanya mereka tidak akan melewatkannya.

8. Tidak Sering Mengecek Media Sosial

Image result for Sering Mengecek Media Sosial

Terkadang mengecek media sosial terlalu sering menjadi jebakan sehingga produktivitas Anda pun berkurang. Memang di era informasi seperti ini, penggunaan media sosial tidak dapat dihindari. Setiap orang dapat berbagi inspirasi maupun hal-hal yang menarik melalui akunnya.

Tidak berarti pula Anda harus terus mengikuti perkembangan orang lain di media sosial. Cobalah atur diri untuk tidak terlalu lama memegang gadget untuk membuka media sosial. Jadwalkan pula membuka email seperti hanya di pagi hari dan sore hari masing-masing satu kali untuk membalas email yang penting.

9. Berdonasi

Image result for miskin

Kebiasaan orang sukses lainnya adalah suka melakukan donasi. Menurut Tom Corley, seorang penulis buku Wealthy Habits : The Daily Success Habits of Wealthy Individuals, sebanyak 73% dari 233 orang sukses yang ditelitinya melakukan kegiatan volunteer selama sekitar 5 jam per bulannya.

Orang-orang ini termasuk Bill Gates, Oprah Winfrey, Mark Zuckerberg, yang masing-masing berdonasi dengan caranya sendiri.

Anda merasa belum cukup memiliki uang untuk berdonasi? Tidak masalah, karena Anda selalu punya hal lainnya seperti waktu dan tenaga untuk membantu kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial.

10. Latihan dan Kerja Keras

Image result for Latihan dan Kerja Keras

Malcolm Gladwell, dalam bukunya yang berjudul Outliers, menyatakan bahwa untuk menjadi ahli dalam suatu hal, Anda membutuhkan waktu sekitar 10.000 jam untuk melatih hal tersebut. Jika sudah melampaui waktu ini, Anda dijamin dapat mahir melakukan apa pun yang Anda latih.

Pernyataan ini merupakan hasil dari pengamatan sang penulis terhadap orang-orang yang dianggap sukses. Sudah berapa jam Anda melatih kemampuan diri untuk sukses di bidang yang Anda geluti? Belum mencapai 10.000 jam? Jangan lelah dulu berlatih.

11. Meninggalkan Masa Lalu

Image result for Masa Lalu

Mungkin Anda pernah merasakan pahitnya kegagalan. Namun, toh, Thomas Alfa Edison mengalaminya 999 kali sebelum akhirnya pada percobaan ke-1.000 berhasil menemukan lampu yang kita gunakan hingga saat ini.

Kuncinya hanya satu, yaitu tinggalkanlah rasa pedih akan kegagalan di belakang, dan mulailah mencoba jalan lain dalam menggapai kesuksesan.

12. Selalu Mengajukan Pertanyaan

Image result for Mengajukan Pertanyaan

Orang yang banyak bertanya juga lebih banyak mendapatkan informasi baru. Maka dari itu, lebih baik menganggap diri Anda bodoh dan terus belajar dibandingkan merasa pintar dan tidak tertarik lagi mempelajari hal baru.

Banyak bertanya juga membuat seseorang akan dapat mengontrol arah suatu pembicaraan, serta meningkatkan potensi lebih disukai orang sekitar sehingga lebih didengarkan oleh orang lain.

13. Tidak Pelit untuk Berbagi

Image result for Tidak Pelit untuk Berbagi

Orang-orang yang sukses selalu menginginkan orang lain juga sukses, bukan malah saling menjatuhkan seperti mental orang-orang yang gagal. Oleh karena itu, orang sukses akan selalu merasa bahagia membagi kisah maupun kiat-kiatnya untuk menjadikan hidup lebih baik dan tentunya lebih sukses.

14. Tidak Memutus Rantai Kebiasaan

Image result for Tidak Memutus Rantai Kebiasaan

Orang sukses tidak atau menghindari memutus rantai kebiasaannya dalam satu hari pun. Mereka berkomitmen dengan diri sendiri bahwa mereka ingin menjadi sukses dan berupaya keras mewujudkannya.

15. Orang Sukses Biasanya Punya Banyak Teman/ Network

Orang Sukses Punya Banyak Teman

Orang sukses ternyata suka nongkrong dan hangout juga lho. Tapi tunggu dulu, mereka nongkrong tidak sembarang nongkrong tapi ada tujuannya. Walaupun sebagian orang menganggap kebiasaan ini seperti buang-buang waktu, ternyata kegiatan ini bisa menambah jaringan pertemanan dan membuka peluang baru untuk meraih sukses. Memiliki relasi tidak terjadi begitu saja, tapi harus diupayakan. Salah satu caranya ya nongkrong bermanfaat.

Kenapa banyak teman bisa membuat seseorang menjadi berhasil? Biasanya orang lebih suka berbisnis dengan orang yang sudah dikenal dan dipercaya. Dengan memiliki relasi yang baik dengan orang lain, maka Anda bisa mendapatkan kepercayaan orang tersebut dan berpeluang untuk berkolaborasi untuk mencapai sukses bersama. Orang sukses selalu meluangkan waktu untuk meningkatkan dan menjaga hubungan baik dengan orang lain.

16. Mereka Suka Gaya Hidup Sehat

Menjaga tubuh tetap sehat

Kesehatan adalah harta yang tidak ternilai harganya, setuju? Kesehatan yang dimaksud di sini adalah kesehatan jasmani dan rohani seseorang. Harta yang tak ternilai harganya ini ternyata punya pengaruh yang sangat besar bagi kesuksesan seseorang lho.

Tubuh yang sehat akan membuat pikiran kita menjadi lebih tenang dan fokus, sehingga kita bisa ‘menelurkan’ ide-ide dan kreatifitas dalam meraih impian. Gaya hidup sehat akan membuat tubuh dan pikiran kita semakin produktif dan mampu bekerja lebih baik.

Untuk mendapatkan harta yang tak ternilai ini tentunya harus ada upaya yang dilakukan. Diantaranya adalah mengkonsumsi makanan/ minuman yang sehat, berolah raga secara teratur, pola makan dan tidur yang sehat, dan tidak mengkonsumsi makanan/ minuman yang bisa merusak kesehatan. Tidak mudah, tapi orang sukses biasanya disiplin dalam melakukan kebiasaan hidup sehat ini.

17. Lebih Suka Membaca Ketimbang Nonton TV

orang sukses suka membaca

Poin 6 ini masih berhubungan dengan poin 3, yaitu kegiatan belajar. Saat membaca buku, otak manusia mengalami proses belajar dan merekam informasi dari buku yang dibaca. Itulah sebabnya mengapa proses pembelajaran yang paling populer adalah dengan membaca, baik itu buku, majalah, koran, dan lain-lain.

Memang saat menonton televisi, kita juga bisa mendapat informasi/ pelajaran. Namun, kebanyakan orang menonton TV biasanya untuk menonton acara hiburan sehingga kegiatan menonton TV kurang efektif untuk belajar. Selain itu, acara televisi di Indonesia saat ini sangat sering menayangkan program acara yang kurang bermutu dan tidak mendidik, bahkan cenderung merusak pola pikir generasi muda

Rich Snippets
Published
Article
17 Kebiasaan Orang Sukses yang Perlu Anda Tiru Dari Sekarang
Ratings
51star1star1star1star1star
Azizul Hakim

Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman

Leave a Reply