8 Cara Agar Anda Tidak Mudah Mengeluh

Semakin banyak Anda mengeluarkan keluhan maka akan semakin bertambah pula pikiran di dalam kepala Anda. Karena mengeluh tidak akan pernah bisa membebaskan dari beban pikiran.

Tapi mengeluh bukanlah hal yang positif. Mengeluh bukanlah solusi dari permasalahan yang dihadapi. Justru bisa membuat masalah kian rumit dan berat mengeluh adalah hal yang manusiawi. Karena manusia memang diciptakan Tuhan sebagai makhluk yang suka berkeluh kesah.

alau Anda ingin merasakan kehidupan yang lebih tenang dan tenteram, cobalah mulai hari ini untuk tidak mudah mengeluh. Pikiran akan lebih terbuka ketika hari-hari Anda tidak lagi dipenuhi dengan keluhan.

1. Perbanyak Bersyukur

Mengeluh artinya tidak bisa mensyukuri apa yang ada. Jika ada yang bertanya, “bagaimana bisa bersyukur wong hidup sudah susah begini? Justru dengan bersyukur maka kesusahan Anda akan hilang. Masalah yang sedemikian berat pun bakal lebih terasa ringan karena bersyukur.

Anda harus bisa fokus pada solusi, bukan masalah. Salah satu cara untuk menemukan solusi adalah melalui bersyukur. Karena dengan bersyukur maka kita telah menemukan kunci untuk meraih kebahagiaan. hidup adalah semata-mata untuk mencari kebahagiaan. Dan kebahagiaan tidak melulu karena memiliki harta. Kebahagiaan hanya bisa diraih dengan lebih banyak bersyukur.

Mulai perbanyak bersyukur. Dan sadari nikmat Tuhan begitu besar hingga tidak ada yang bisa melukiskannya. Ubah keluhan menjadi bahagia dengan selalu bersyukur.

2. Jangan Terus Memikirkan Berbagai Hal

 

Di dunia ini terdapat banyak hal yang tidak dapat Anda ubah atau kendalikan, tidak perduli seberapa keras usaha Anda. Anda tidak dapat mengubah cuaca ataupun apa keputusan atasan Anda; oleh karena itu berhentilah memikirkan berbagai hal ini dan jangan biarkan diri Anda menjadi depresi.

3. Bersyukurlah Atas Apa yang Anda Miliki

 

Banyak orang seringkali mengeluhkan berbagai hal yang tidak mereka miliki tanpa menyadari berbagai hal lainnya yang mereka miliki. Bersyukurlah atas apa yang telah Anda miliki di dalam hidup Anda. Daripada terus mengeluhkan sesuatu, belajarlah untuk mengambil tindakan dan hidup Anda pun akan berubah.

4. Berpikir Positif

Bersikap dan berpikir positif bukanlah sesuatu hal yang mudah jika Anda seringkali mengeluh. Belajarlah untuk menerima kenyataan dan ketahuilah bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia. Kesalahan dan kegagalan yang Anda alami justru dapat membantu Anda memiliki kehidupan yang lebih baik bila Anda tidak terus berkubang dalam kegagalan dan kesalahan Anda tersebut dan melanjutkan hidup.

5. Belajarlah Untuk Beradaptasi

Hidup selalu penuh dengan perubahan sehingga belajar bagaimana beradaptasi terhadap berbagai perubahan tersebut merupakan suatu hal yang penting. Berusahalah untuk selalu mencari sisi positif dari sesuatu hal atau situasi yang Anda alami.

6. Belajar Menjadi Orang yang Lebih Tegas

Jika Anda ingin menghentikan kebiasaan mengeluh yang Anda miliki, maka Anda pun harus belajar menjadi seseorang yang tegas. Belajarlah untuk membela diri Anda sendiri sambil tetap menghormati orang lain. Berhentilah mengeluh, tunjukkan rasa percaya diri Anda, tetapi pastikan Anda tetap bersikap sopan dan hargailah orang lain.

7. Jadilah Teladan

Jika Anda ingin orang-orang di sekitar Anda berhenti mengeluh sepanjang waktu, maka Anda pun harus mulai menghentikan kebiasaan mengeluh Anda terlebih dahulu. Jika seseorang mengeluh tentang sesuatu hal, gantilah topik pembicaraannya dan buatlah ia menyadari bahwa mengeluh merupakan suatu kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatannya, baik fisik maupun mental.

Berhenti Menghakimi Orang Lain

Kadangkala Anda mengeluhkan sesuatu hal yang dilakukan oleh orang lain terhadap Anda tanpa mengetahui mengapa ia melakukan hal tersebut atau mengapa ia bersikap demikian. Sebagian besar orang seringkali menghakimi orang lain tanpa alasan, yang justru membuat situasi semakin buruk. Cobalah tempatkan diri Anda pada posisi orang tersebut, mungkin dengan demikian Anda dapat mengerti mengapa ia melakukan hal tersebut.

Tidak ada satu pun sisi positif yang bisa didapat dari sebuah kebiasaan mengeluh. Anda justru akan terpuruk dalam kondisi kejiwaan yang buruk. Kondisi yang akan membuat Anda sulit merasa bahagia. Jadi, mulai hari ini, cobalah ketujuh cara di atas agar Anda tidak mudah mengeluh. Selamat mencoba!

Rich Snippets
Published
Article
8 Cara Agar Anda Tidak Mudah Mengeluh
Ratings
51star1star1star1star1star
Azizul Hakim

Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman

Leave a Reply