Cara Install ClamAV di Ubuntu dan Debian

Clam AntiVirus (ClamAV) adalah toolkit perangkat lunak antivirus gratis lintas platform dan open source yang mampu mendeteksi berbagai jenis perangkat lunak berbahaya, termasuk virus. Salah satu kegunaan utamanya adalah pada server surat sebagai pemindai virus email sisi server. Aplikasi ini dikembangkan untuk Unix dan memiliki versi pihak ketiga yang tersedia untuk AIX, BSD, HP-UX, Linux, macos, OpenVMS, OSF (Tru64) dan Solaris. Seperti versi 0.97.5, ClamAV membangun dan berjalan di Microsoft Windows.  ClamAV dan update-nya tersedia gratis.

Sourcefire, pembuat produk deteksi intrusi dan pemilik Snort, mengumumkan pada 17 Agustus 2007 bahwa mereka telah mengakuisisi merek dagang dan hak cipta ClamAV dari lima pengembang utama. Pada gilirannya, Sourcefire diakuisisi oleh Cisco pada tahun 2013

Debian

# apt-get update
# apt-get install clamav

RHEL/CentOS

On CentOS:

# yum install -y epel-release

# yum install -y clamav

 

Fedora

# yum install -y clamav clamav-update

Mandriva

# urpmi clamav clamd

Gentoo

# emerge clamav

openSUSE

# zypper install -y clamav

untuk instalasi clamav kalau kebetulan pakai turunan ubuntu sangat mudah. sebagi contoh saya menggunakan KDE 16.04 64 Bit. cukup mengetikan .

  1. aptget install clamav

tunggu beberap saat dan clamav akan terinstall dengan baik. kemudian pertama yang harus kita lakukan adalah meng-update database dari clamav. maka ketikan perintah update clamav.

freshclam

tunggu proses tersebut beberapa saat dan database clamav anda akan ter-install dengan baik. untuk mengetahui bagaimana cara melakukan scan cukup ketikan

clamscan --help
Help Clamav

Help Clamav

dan list dari daftar perintah scanning clamav akan ditampillan. ada banyak perintah yang masing-masing bisa digabungkan satu sama lain. taruhlah saya ingin melakukan scan pada folder /home/goblooge/Downloads/ maka cukup saya ketikan perintah :

clamscan -r bell -i /home/goblooge/Downloads

kode huruf -r pada clamav berarti recusrvice ke seluruh folder–bell jika kebetulan ada virus akan muncul bunyi beep dan -i berarti hanya akan menampilkan file-file yang terinfeksi saja. tinggal klik enter dan whoa secara otomatis akan ditampilkan hasilnya.

Scanning Virus Clamav
 
Rich Snippets
Published
Article
Cara Install ClamAV di Ubuntu dan Debian
Ratings
51star1star1star1star1star
Azizul Hakim

Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman

Leave a Reply