Cara Install Skype di Ubuntu dan Debian

Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.

Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

Buka Terminal

Ubuntu menyarankan untuk memasang Skype menggunakan repository Canonical (pengembang Ubuntu), bukan menggunakan paket yang tersedia di situs web Skype. Memasang Skype melalui repository Canonical akan memastikan bahwa Anda mendapatkan Skype dengan versi yang sesuai untuk sistem komputer Anda. Terminal mungkin terlihat sulit untuk diutak-atik, tetapi sebenarnya Anda hanya perlu memasukkan beberapa perintah saja.

  • Anda bisa membuka Terminal dengan cepat, yaitu dengan menekan ^ Ctrl+Alt+T atau dengan membuka direktori “Applications” → “Accessories” → “Terminal”.

Cari tahu apakah Anda menggunakan Ubuntu versi 32 bit atau 64 bit

Anda perlu mengetahui hal tersebut agar dapat memasang program yang sesuai dengan sistem komputer Anda.

  • Ketiklah sudo uname --m, lalu tekan  Enter. Masukkan kata sandi administrator Anda.
  • Jika jawaban yang diberikan oleh Terminal adalah i686, komputer Anda menjalankan sistem operasi berbasis 32 bit.
  • Jika jawaban yang diberikan oleh Terminal adalah x86_64, komputer Anda menjalankan sistem operasi berbasis 64 bit.

Aktifkan MultiArch jika Anda menggunakan Linux berbasis 64 bit

MultiArch berfungsi untuk meningkatkan kompatibilitas komputer terhadap program-program yang dibuat untuk komputer lain.

  • Ketiklah
    sudo dpkg --add-architecture i386

    lalu tekan  Enter. Masukkan kata sandi administrator untuk mulai mengunduh paket program.

Tambahkan repository rekan Canonical

Dengan melakukannya, Anda dapat memasang program apa pun yang tersimpan di dalam repository tersebut, termasuk Skype versi terbaru.

  • Ketiklah atau  (paste)
    sudo add-apt-repository "deb http://archive.canonical.com/ $(lsb_release -sc) partner"

    lalu tekan  Enter.

Pasang Skype

Setelah Anda mengetahui versi program yang sesuai dengan komputer dan menambahkanrepository rekan Canonical, Anda bisa mengunduh dan memasang program Skype.

  • Ketiklah
    sudo apt-get update && sudo apt-get install skype

    lalu tekan  Enter untuk memasang Skype. Proses pemasangan mungkin akan selesai dalam beberapa menit.

  • Anda juga bisa memasang Skype melalui Software Center karena Anda sudah menambahkan repository rekan Canonical. Buka Software Center, lakukan pencarian dengan kata kunci “Skype”, lalu klik tombol “Install” untuk mengunduh dan memasangnya.

Buka Skype

Mungkin Anda tidak akan langsung menyadari bahwa Skype sudah terpasang karena tidak ada ikon Skype yang muncul di Desktop ataupun bilah Launcher). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menemukan Skype.

  • Klik Dash, lalu lakukan pencarian dengan kata kunci “Skype”. Setelah membuka Skype, ikonnya akan muncul di dalam bilah Launcher. Klik kanan ikon Skype, lalu pilih “lock to Launcher” agar ikon Skype tetap berada di dalam bilah Launchersetelah Skype ditutup.
  • Masuklah ke dalam direktori “Applications” → “Internet” → “Skype”. Anda bisa menggunakan cara ini untuk membuat pintasan Skype di desktop.

Tunggu hingga Skype selesai dimuat

Ketika Skype dijalankan untuk pertama kalinya, Skype memerlukan satu atau dua menit hingga bisa dimulai. Mungkin saja kelihatannya tidak ada hal yang terjadi selama satu atau dua menit tersebut. Bersabarlah karena Skype seharusnya akan dimulai setelah beberapa saat. Ketika Anda memulainya lain kali, program seharusnya akan langsung berjalan.

Masuklah menggunakan nama pengguna Skype atau akun Microsoft

Anda juga bisa membuat akun Skype secara gratis jika Anda belum memilikinya.

Uji mikrofon Anda. Ketika Anda memulai Skype untuk pertama kalinya, Anda akan melihat sebuah kontak yang bernama “Echo / Sound Test Service”. Pilih kontak tersebut dan klik tombol “Call”. Dengan melakukannya, Anda bisa menguji mikrofon dan pengeras suara untuk memastikan bahwa Anda dapat mengirim dan menerima suara.

  • Jika pengeras suara atau mikrofon Anda tidak bekerja, lihatlah bagian Memecahkan Masalah di bawah.

Uji webcam Anda. Jika komputer terpasang dengan webcam, Anda bisa mengujinya untuk memastikan bahwa webcam bekerja dengan benar. Klik menu “Tools”, lalu pilih “Options”. Klik opsi “Video settings” di dalam bagian “General”. Gambar yang direkam oleh webcam seharusnya akan ditampilkan.

  • Jika gambar yang direkam webcam tidak muncul, lihatlah bagian Menangani Masalah di bawah.

Mulailah menggunakan Skype.

Setelah Anda memastikan bahwa semua perangkat bekerja dengan baik, Anda bisa mulai menggunakan Skype untuk mengobrol melalui teks, suara, ataupun video.Klik di sini untuk panduan yang mendetail dalam menggunakan klien Skype.

 

 

Perbaiki mikrofon yang tidak bekerja dengan normal

Untuk Ubuntu versi lebih baru, Anda bisa mengakses semua pengaturan mikrofon melalui tombol Speakeryang terdapat di dalam bilah alat (toolbar). Pastikan bahwa mikrofon tersambung dengan benar, diaktifkan, dan tingkat suaranya telah diatur dengan benar.

  • Kadang-kadang skype akan mengambil alih pengaturan pencampur suara sistem Anda dan menyebabkan mikrofon tidak bekerja dengan normal. Anda bisa mencegah Skype mengambil alih pengaturan pencampur suara sistem Anda dengan mengeklik “Tools” → “Options” → “Audio settings”, lalu hilangkan centang pada kotak “Allow Skype to automatically adjust my mixer levels”.

Perbaiki webcam yang tidak bekerja dengan normal

Kebanyakan webcam yang tidak bekerja dengan normal dapat diperbaiki dengan memasang driver “v4lcompat”. Jika setelah memasangnya masalah Anda masih tidak terselesaikan juga, Anda perlu memeriksa arahan yang diberikan secara spesifik untuk memperbaiki webcam Anda. Tidak semua model webcam bisa digunakan untuk Skype di Linux.

  • Pastikan bahwa tidak ada program lain yang aktif dan mungkin menggunakan webcam Anda. Kemampuan webcam untuk merekam video tidak bisa digunakan oleh lebih dari satu program sekaligus.
  • Buka Terminal, lalu ketiklah
    sudo bash apt-get install libv4l-0:i386

    dan tekan  Enter.

  • Klik kanan pada Applications, lalu pilih “Properties”. Klik “Edit menu”, lalu pilih “Internet”. Klik kanan pada Skype, lalu pilih “Properties”.
  • Ubah perintah yang terdapat di dalamnya menjadi
    env PULSE_LATENCY_MSEC=30 LD_PRELOAD=/usr/lib/i386-linux-gnu/libv4l/v4l1compat.so skype
  • Lihat halaman bantuan Ubuntu ini jika langkah-langkah di atas tidak menyelesaikan masalah Anda. Di dalam halaman tersebut terdapat daftar webcamyang seharusnya “akan bekerja dengan normal”, webcam yang memerlukan penyesuaian agar bisa bekerja, dan webcam yang tidak dapat bekerja sama sekali atau perlu disesuaikan dengan cara yang rumit agar bisa bekerja.

Memperbaiki masalah resolusi yang rendah pada video Skype

Skype untuk Linux secara resmi tidak mendukung video dengan resolusi 640 x 480, sehingga gambar yang ditampilkan mungkin terlihat kabur. Ada cara untuk meretas Skype agar menampilkan video dengan resolusi 640 x 480, tetapi cara ini tidak dijamin dapat digunakan untuk semua orang.

  • Pastikan Skype berfungsi dengan normal, lalu tutup Skype secara menyeluruh sebelum Anda melanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Masuklah ke dalam direktori User/.Skype/SkypeName/.
  • Buka berkas config.xml dengan editor teks.
  • Masukkan baris perintah di bawah ini di antara tanda <VIDEO></VIDEO>:
    • <CaptureHeight>480</CaptureHeight>
    • <CaptureWidth>640</CaptureWidth>
  • Simpan dan tutup berkas. Skype seharusnya akan menampilkan video dengan resolusi 640 x 480 sekarang. Mungkin Skype memerlukan satu atau dua menit untuk “menyesuaikan kondisi” dengan resolusi tersebut.

 

Azizul Hakim

Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman

Leave a Reply