Cara Install Unity3D di Ubuntu

Unity3D adalah mesin permainan cross-platform yang dikembangkan oleh Unity Technologies, yang terutama digunakan untuk mengembangkan video game dan simulasi untuk komputer, konsol dan perangkat mobile. Pertama kali diumumkan untuk OS X, di Konferensi Pengembang Worldwide Apple pada tahun 2005, sejak itu telah diperluas untuk menargetkan 27 platform. Lima versi utama Unity telah dirilis, dengan versi keenam yang ada di Beta. Pada acara WWDC 2006, Apple menamakan Unity sebagai runner up untuk kategori Best Use of Mac OS X Graphics.

Unity3D merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk membuat sebuah aplikasi atau gameBisa dikatakan aplikasi ini adalah sebuah game engine, dimana kita dapat membuat game berbasis 3D maupun 2D. Hasil dari game ini dapat kita eksport menjadi beberapa aplikasi yang dapat berjalan pada sistem operasi Linux, Windows, Mac, Android dan IOS.

Unity3D dapat berjalan secara multiplatfrom, yang artinya dapat berjalan tidak hanya pada satu sistem operasi saja, aplikasi ini dapat berjalan pada sistem operasi Windows, Mac, dan Linux. Akan tetapi Website resminya sendiri tidak mempublish untuk platfrom Linux. Maka dari itu saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall aplikasi ini pada sistem operasi linux yang salah satunya adalah Ubuntu 16.04.

Pertama download terlebih dahulu Unity3D versi stable dan terbaru, saya sendiri menggunakan Unity3D versi 5.4.1. Download Disini

Setelah itu buka terminal, lalu install Unity3D menggunakan perintah dibawah ini.

sudo dpkg -i Downloads/unity-editor-5.4.1f1+20160913_amd64.deb

Apabila terdapat error pada saat proses installasi seperti dibawah ini.

jenamon@jenamon:~$ sudo dpkg -i Downloads/unity-editor-5.4.1f1+20160913_amd64.deb
Selecting previously unselected package unity-editor.
(Reading database ... 275876 files and directories currently installed.)
Preparing to unpack .../unity-editor-5.4.1f1+20160913_amd64.deb ...
Unpacking unity-editor (5.4.1f1) ...
dpkg: dependency problems prevent configuration of unity-editor:
unity-editor depends on lib32gcc1 (>= 1:4.1.1); however:
Package lib32gcc1 is not installed.
unity-editor depends on lib32stdc++6 (>= 4.6); however:
Package lib32stdc++6 is not installed.

dpkg: error processing package unity-editor (--install):
dependency problems - leaving unconfigured
Processing triggers for bamfdaemon (0.5.3~bzr0+16.04.20160824-0ubuntu1) ...
Rebuilding /usr/share/applications/bamf-2.index...
Processing triggers for gnome-menus (3.13.3-6ubuntu3.1) ...
Processing triggers for desktop-file-utils (0.22-1ubuntu5) ...
Processing triggers for mime-support (3.59ubuntu1) ...
Processing triggers for hicolor-icon-theme (0.15-0ubuntu1) ...
Errors were encountered while processing:
unity-editor

Lakukan perintah dibawah ini untuk memperbaikinya.

Sudo apt-get install -f

Setela proses installasi selesai, kamu bisa membuka unity3D yang ada pada menu dash ubuntu.

selection_038

Oke, Unity3D sudah siap untuk digunakan. Kamu bisa membuat berbagai aplikasi game menggunakan engine ini seperti Augmented Reality dan Virtual Reality.

Perkembangan

Unity dipasarkan menjadi mesin semua tujuan, dan sebagai hasilnya mendukung grafis 2D dan 3D, fungsionalitas drag and drop dan skrip melalui 3 bahasa kustomnya. Mesin menargetkan API berikut: Direct3D dan Vulkan pada Windows dan Xbox 360; OpenGL di Mac, Linux, dan Windows; OpenGL ES di Android dan iOS; Dan API milik pada konsol video game. Dalam game 2D, Unity mengizinkan impor sprite dan perender dunia 2D tingkat lanjut. Untuk game 3D, Unity memungkinkan spesifikasi pengaturan kompresi dan resolusi tekstur untuk setiap platform yang didukung oleh mesin permainan, dan memberikan dukungan untuk pemetaan benjolan, pemetaan refleksi, pemetaan paralaks, ruang layar oklusi ambien (SSAO), bayangan dinamis dengan bayangan Peta, render-to-tekstur dan efek pasca-layar penuh. Kesatuan juga menawarkan layanan kepada pengembang, yaitu: Unity Ads, Unity Analytics, Unity Certification, Unity Cloud Build, Unity Everyplay, Unity IAP, Unity Multiplayer, Unity Performance Reporting and Unity Collaborate yang ada dalam versi beta.

Unity sangat penting karena kemampuannya untuk menargetkan game ke berbagai platform. Platform yang didukung saat ini adalah Android, Android TV, Facebook Gameroom, Fire OS, Gear VR, Google Cardboard, Google Daydream, HTC Vive, iOS, Linux, macos, Microsoft Hololens, garis Nintendo 3DS, Nintendo Switch, Oculus Rift, PlayStation 4, PlayStation Vita, PlayStation VR, Samsung Smart TV, Tizen, tvOS, Wii, Wii U, Windows, Windows Phone, Windows Store, WebGL, Xbox 360, dan Xbox One. Unity sebelumnya mendukung 5 platform lainnya termasuk Unity Web Player miliknya. Unity Web Player adalah plugin browser yang hanya didukung pada Windows dan OS X saja, yang telah ditinggalkan untuk mendukung WebGL.

Unity adalah perangkat pengembangan perangkat lunak default (SDK) untuk platform permainan video Wii Nintendo U, dengan salinan gratis yang disertakan oleh Nintendo dengan setiap lisensi pengembang Wii U. Unity Technologies menyebut bundling SDK pihak ketiga ini sebagai “industri pertama”

Rich Snippets
Published
Article
Cara Install Unity3D di Ubuntu
Ratings
51star1star1star1star1star
Azizul Hakim

Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman

Leave a Reply