Cara Melindungi Account Facebook Anda dari Hacker

Facebook adalah bagian dari kehidupan mereka sehari-hari. Di situlah mereka berinteraksi dengan teman dan keluarga, dan dilihat oleh banyak orang sebagai perpanjangan dari diri mereka sendiri. Memiliki akun Facebook Anda yang diretas bisa lebih dari sekedar memalukan.

bergantung pada apa yang dilakukan oleh peretas, hal itu dapat merusak reputasi Anda atau bahkan menghabiskan uang Anda. Jika Anda menduga akun Facebook Anda telah diretas, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah kata sandi Anda. Artikel ini berisi tip dan trik lain untuk meningkatkan keamanan akun Facebook Anda.

1. Melindungi Password Anda

Buat kata sandi yang kuat. Hindari termasuk nama Anda, tanggal lahir, hewan peliharaan, atau kata-kata umum dalam kata sandi Anda, membuat sulit ditebak, kata sandi yang kuat akan memiliki panjang minimal 8 karakter, namun semakin baik.

Semakin lama (lebih banyak karakter) kata sandi Anda, semakin banyak waktu dibutuhkan peretas untuk membukanya. kata sandi yang kuat harus mengandung setidaknya satu dari masing-masing karakter berikut: huruf kecil, huruf besar, angka, dan karakter khusus.

2. Jangan gunakan kata sandi Facebook Anda di akun lain

Pastikan Anda membuat kata sandi yang berbeda untuk setiap layanan web / situs web yang Anda gunakan. Ini tidak cukup untuk melakukan kata kunci yang sama dengan nomor yang berbeda (misalnya, password1, password2 …) jika Anda merasa tidak kreatif dan sulit memikirkan kata kunci baru, gunakan generator kata kunci online – pastikan itu berasal dari sumber yang dapat dipercaya.

3. Gunakan manajer kata sandi

Saat Anda membuat kata kunci yang lebih kuat dan unik, kemungkinan akan sulit mengingat semuanya. Ada banyak manajer password yang baik tersedia yang akan mengenkripsi dan menyimpan kata sandi dengan aman.

Anda bahkan mungkin memiliki manajer kata sandi yang terpasang pada sistem operasi Anda – misalnya, pengguna Mac memiliki manajer sandi keychain yang tersedia secara gratis. jika Anda tidak ingin menggunakan manajer kata sandi, gunakan frasa sandi, misalnya: “Saya suka pantat besar dan saya tidak dapat berbohong!” Mungkin menjadi iLbBaIcL!

4. Ubah kata sandi Anda setiap enam bulan sekali

Ini berlaku untuk semua kata sandi Anda – bukan hanya Facebook Anda saja. Jika Anda merasa sulit mengingatnya, lakukan pengingat pada kalender Anda

5. Jangan berbagi kata sandi Facebook

umum nya seseorang yang kita cintai, meminta akun media social pasangannya, atau meminta bantuan orang lain untuk login facebook untuk yang belum mengerti menggunakannya, jika anda melakukan itu mungkin saja akun anda akan mudah di akses oleh orang tersebut dan mengacak akun anda

6. Hindari menggunakan fitur “remember password” di browser web

Hal ini sangat penting jika Anda tidak menggunakan komputer Anda sendiri. Saat prompt “remember password” muncul dan Anda tidak berada di komputer Anda sendiri, klik tombol “not now”.
Jika Anda telah menetapkan kata kunci utama untuk browser Anda

Anda dapat menggunakan fungsi “remember password”, karena memiliki kata kunci utama akan meminta setiap orang yang mencoba melihat kata sandi Anda untuk memasukkan kata sandi lain (yang Anda buat) hanya untuk menunjukkan kata sandinya.
Apakah browser Anda secara otomatis menyimpan kata sandi Anda dalam file yang dilindungi kata sandi utama akan tergantung pada sistem operasi dan browser Anda. Anda dapat memastikan bahwa kata sandi utama berlaku dengan memeriksa preferensi browser Anda.

7. Gunakan kata sandi Anda ke komputer tepercaya

Jika Anda menggunakan komputer yang tidak Anda kenal atau percayai, hindari melakukan apapun yang mengharuskan Anda memasukkan kata sandi Anda. Hacker biasanya menggunakan logger keystroke pada sistem komputer yang merekam semua yang Anda ketik, termasuk kata kunci.
Jika tidak mungkin Anda menghindari mengetik kata sandi ke komputer yang tidak Anda percaya, ganti kata sandi Anda sesegera mungkin setelah kembali ke komputer Anda sendiri.

Bagian Kedua


Mengakses Pengaturan Keamanan Facebook Anda

1. Masuk ke akun Facebook anda

Di halaman muka Facebook, masukkan alamat email dan kata sandi Anda untuk login ke akun Facebook Anda. Pastikan Anda masuk ke Facebook (dan situs lainnya) di alamat yang benar: www.facebook.com.
Penting untuk memastikan bahwa address bar Anda benar-benar mengatakan www.facebook.com dan bukan sesuatu seperti facebook.co, face.com, atau facebook1.com dll. Phisher sering memilih situs yang mungkin secara tidak sengaja Anda ketik ke bilah alamat Anda saat berada di google

2. Buka setting Facebook anda

Setelah masuk ke akun Facebook Anda, klik pada segitiga yang mengarah ke bawah di pojok kanan atas halaman Anda (di sepanjang bilah biru). Ini akan membuka menu drop-down. Tepat di atas “Log out” Anda akan melihat “Settings.” Klik “Settings” untuk membuka menu Settings Anda.
Jika Anda perlu mengubah kata sandi Anda, klik tab “General” di “Settings,” lalu klik “Edit” di sebelah kanan “Password.” Anda harus memasukkan kata sandi Anda saat ini sebelum masuk ke akun yang baru, Lalu klik “Save Changes.”

3. Buka pengaturan keamanan Anda

Setelah jendela Pengaturan terbuka, Anda akan melihat sejumlah tab di sisi kiri jendela Pengaturan. “Security” harus menjadi tab kedua, hanya di bawah “General.” Klik “Security” untuk membuka setting keamanan Anda.
Di jendela Pengaturan Keamanan Anda, Anda akan melihat daftar setelan yang dapat Anda sesuaikan. Untuk menyesuaikan pengaturan ini, Anda akan mengklik “Edit”, yang muncul (berwarna biru) di sebelah kanan pengaturan tertentu.

Bagian ketiga


Membuat Penggunaan Pengaturan Keamanan Facebook

1. Set up Login Alerts

Lansiran Login mengirimkan lansiran saat seseorang masuk ke akun Anda dari perangkat atau browser baru. Anda dapat memilih untuk mendapatkan lansiran masuk melalui pemberitahuan, email, atau pesan teks Facebook. Untuk mengaktifkan lansiran ini, klik “Edit” di sebelah kanan “Lansiran Login”, pilih di mana Anda ingin peringatan dikirim (Anda memerlukan nomor telepon seluler untuk lansiran teks), dan klik “Save Changes.”

2. Aktifkan Persetujuan Masuk

Persetujuan Masuk memberi akun Anda tingkat keamanan tambahan dengan meminta kode keamanan saat Anda masuk dari browser yang tidak dikenal. Untuk menyiapkan Persetujuan Masuk, klik pada kata “Edit” di sebelah kanan “Persetujuan Masuk,” lalu klik “Memulai” untuk memulai wizard pengaturan.
Cara yang paling umum untuk mengakses kode masuk adalah melalui telepon Anda – baik dengan pesan teks atau aplikasi Facebook.

Jika Anda mengantisipasi bahwa Anda mungkin memerlukan kode masuk saat Anda tidak memiliki ponsel di dekat Anda, Anda bisa mendapatkan 10 kode sebelumnya (yang dapat Anda cetak atau tuliskan, dll.) Dari Facebook. Untuk melakukan ini, buka bagian “Persetujuan Masuk”, klik “Dapatkan kode,” masukkan kata sandi Facebook Anda, dan klik “Kirim.

3. Pilih Kontak Terpercaya

“Trusted Contacts” Anda adalah teman yang memungkinkan Facebook untuk membantu Anda dengan aman jika Anda mengalami masalah dalam mengakses akun Anda. Untuk menambahkan Trusted Contacts, klik “Edit” di sebelah kanan “Trusted Contacts,” lalu klik pada tulisan “Choose trusted contacts” (dengan warna biru). Ini akan membuka jendela baru. Klik tombol “Choose Trusted Contacts” untuk melanjutkan, masukkan nama teman Facebook Anda ke dalam kotak teks, dan tekan “Confirm.”

4. Tinjau Browser dan Aplikasi Anda

Klik “Edit” di sebelah kanan “Browser dan Aplikasi Anda” untuk melihat browser mana yang telah Anda simpan sebagai yang sering Anda gunakan. Jika Anda melihat sesuatu di daftar itu yang tidak termasuk, klik “Hapus”, lalu “Simpan Perubahan”.

5. Lihat di mana Anda masuk.

Klik “Edit” di sebelah kanan “See Where Your Logged In” untuk melihat semua sesi yang sedang Anda masuki. Anda harus melihat aplikasi (misalnya, Facebook untuk desktop, Messenger, Facebook untuk iPhone), tanggal akses, dan lokasi. Jika Anda melihat sesuatu yang tidak masuk akal, klik “Aktivitas Akhir” di sebelah kanan sesi.
Jika Anda memiliki ketakutan keamanan, pertimbangkan untuk mengklik “End All Activity” (di bagian atas jendela “See Where Your Logged In”) agar lebih aman. Ini juga merupakan pilihan bagus jika Anda tidak yakin apakah Anda telah keluar setelah menggunakan Facebook di komputer orang lain. Untuk mengakhiri sesi Anda, cukup akses Security Settings Anda, dan pilih See Where You’re Logged In, lalu gulir ke sesi yang bersangkutan dan klik “End Activity” untuk menutupnya dari jarak jauh.

Bagian keempat


Hati-hati Saat Menggunakan Facebook

1. Jangan menerima permintaan pertemanan dari orang yang tidak Anda kenal

Scammers bisa membuat akun palsu dan teman orang. Begitu mereka berteman dengan Anda, mereka dapat spam timeline Anda, memberi tag Anda pada posting, mengirimi Anda pesan jahat, dan bahkan menargetkan teman Anda.
Jika ulang tahun dan lokasi Anda dapat dilihat oleh teman Facebook Anda, dan Anda secara teratur memperbarui keberadaan Anda, scammers mungkin dapat menggunakan data dan pembaruan Anda untuk memecahkan sandi Anda atau bahkan masuk ke rumah Anda saat mereka mengetahui bahwa Anda sedang berlibur.

2. Batasi siapa yang bisa melihat posting anda

Buka Pengaturan Privasi Anda dengan mengklik tab “Privasi” di jendela “Setelan” Anda. Di sebelah kanan tab, Anda akan melihat beberapa opsi untuk menyesuaikan privasi Anda, termasuk “Siapa yang dapat melihat barang saya?” (Set ke “Teman”); “Siapa yang bisa menghubungi ku?”; Dan “Siapa yang bisa melihat saya?”

3. Hati-hati dengan informasi apa yang Anda umumkan

Jika Anda tidak yakin dengan penampilan teman Anda kepada seseorang yang bukan teman Anda, klik ikon kunci di sudut kanan atas halaman Facebook Anda (ada di sebelah kiri segitiga yang mengarah ke bawah). Ini akan membuka menu drop-down “Privacy Checkup”. Klik “Siapa yang dapat melihat barang saya” dan kemudian “Melihat sebagai” untuk melihat profil Anda seperti orang lain melihatnya.
Setiap kali Anda memposting pembaruan status atau foto, Anda dapat memilih audiens Anda. Anda harus melihat tombol di samping tombol “Poskan” yang mengatakan “Teman”, “Publik”, atau “Kustom”. Jika tertulis “Publik”, ini berarti setiap orang akan dapat melihat apa yang akan Anda poskan. , Terlepas dari apakah kamu berteman atau tidak. Pastikan bahwa itu mengatakan “Teman” jika itu adalah sesuatu yang Anda ingin tetap lebih pribadi.

4. Klik dengan hati-hati

Teman Anda tidak kebal terhadap spam. Jika seorang teman memasang tautan yang mencurigakan atau “video mengejutkan” atau mengirim sesuatu yang aneh ke dalam pesan, jangan percaya bahwa mereka melakukannya dengan sengaja.

5. Tinjau ulang pembelian akun Anda secara teratur

Jika Anda melakukan pembelian di Facebook, pastikan untuk meninjau riwayat pembelian Anda secara teratur. Dengan begitu, jika seseorang berhasil masuk ke akun Anda dan menghabiskan uang, Anda dapat meminta bantuan dari Pusat Dukungan Pembayaran Facebook.
Untuk meninjau riwayat pembayaran Anda, buka “Setelan” dan kemudian klik tab “Pembayaran”.

6. Laporkan spam dan konten yang mencurigakan.

Bagaimana Anda melaporkan sesuatu akan tergantung pada apa yang Anda laporkan. Perhatikan bahwa Anda harus masuk ke akun Facebook Anda. untuk melaporkan profil, buka profil yang ingin Anda laporkan. Di kanan bawah foto sampul, klik pada elips (…) dan pilih “Laporan”.
Untuk melaporkan sebuah pos, klik segitiga yang mengarah ke bawah di kanan atas dari pos yang ingin Anda laporkan dan pilih “Saya tidak ingin melihat ini,” lalu “Mengapa Anda tidak ingin melihat ini?” Dibawa ke pilihan yang lebih spesifik. untuk melaporkan pesan, buka pesan yang ingin Anda laporkan, klik simbol roda gigi di kanan atas pesan, lalu klik “Laporkan Spam atau Penyalahgunaan.”

7. Log out dari Facebook bila tidak menggunakan komputer / perangkat anda sendiri

Hal ini sangat penting jika Anda menggunakan komputer di perpustakaan atau kafe internet, di mana banyak orang yang Anda tidak tahu akan menggunakan komputer sepanjang hari.
Jika Anda lupa log out, Anda dapat log out dari jarak jauh dengan masuk ke Facebook, membuka pengaturan keamanan Anda, dan mengklik “See Where You’re Logged In.” Jika Anda masih login ke komputer / perangkat yang tidak Anda, klik “Aktivitas Akhir”, dan ini akan membuat Anda keluar

Bagian kelima


Melindungi Komputer / Perangkat Anda

1. Gunakan perangkat lunak anti-virus mutakhir

Perangkat lunak anti-virus membantu menjaga keamanan komputer Anda dengan mencegah, mendeteksi dan menghapus perangkat lunak berbahaya. Ada sejumlah program anti-virus gratis yang tersedia secara online (yang populer termasuk AVG Antivirus dan Sophos). Jika Anda belum memilikinya, download sekarang, pastikan terus diperbarui, dan jalankan pemindaian secara teratur.
Program anti-virus dan malware lebih umum terjadi pada komputer desktop dan laptop daripada perangkat seluler. Umumnya, aplikasi dan pembaruan melalui pemeriksaan anti-virus di penghujung penyedia sistem operasi seluler Anda, sehingga saat ini aplikasi anti-virus dan perangkat lunak perusak tidak dianggap perlu.

2. Pindai malware secara rutin

Perangkat lunak perusak mampu mengatasi kontrol keamanan Facebook untuk mengakses akun Anda. Dari sana, Anda dapat mengumpulkan informasi pribadi, mengirim pembaruan status dan pesan yang tampaknya berasal dari Anda, atau menutup akun Anda dengan iklan yang akan membuat komputer Anda mogok. Ada sejumlah program anti-malware gratis yang tersedia secara online.

Facebook menawarkan beberapa pemindai gratis di halaman bantuannya. komputer Anda mungkin memiliki perangkat lunak perusak di dalamnya jika Anda baru saja mencoba menonton “video mengejutkan” melalui pos Facebook Jika Anda pernah mengunjungi situs web yang mengklaim menawarkan fitur Facebook khusus;Atau jika Anda telah mendownload add-on browser yang mengklaim melakukan hal yang tidak mungkin (misalnya, memungkinkan Anda mengubah warna profil Facebook Anda)

3. Jaga agar perangkat lunak tetap terbarui

Secara khusus, pastikan browser apapun yang Anda gunakan sudah mutakhir. Facebook mendukung Firefox, Safari, Chrome, dan Internet Explorer.

4. Pikirkan sebelum anda klik

Ini berlaku untuk situs web, plug-in dan video browser yang samar, dan email dan pemberitahuan yang mencurigakan. Jika Anda pernah menerima email yang meminta kata sandi Anda untuk akun yang Anda miliki, jangan menanggapi. Perusahaan terkemuka tidak akan pernah meminta kata sandi Anda melalui email.
Jika link terlihat mencurigakan, jangan klik di atasnya – bahkan jika itu dari seseorang yang Anda kenal. Jika salah satu teman Facebook Anda mengeklik tautan spam, mereka mungkin sengaja mengirimkannya kepada Anda

5. Tahu bagaimana cara melakukan scam

Jika Anda mencurigai email phishing, kirimkan ke phish@fb.com. Untuk menghindari “phished” (scammed), waspadalah terhadap hal berikut: Pesan dengan tata bahasa, ejaan, dan kesalahan ketik yang buruk, serta font atau spasi yang aneh pesan mengklaim berisi kata sandi Anda sebagai lampiran
Gambar atau pesan dengan tautan yang tidak sesuai

dengan yang Anda lihat di bilah status saat Anda mengarahkan kursor ke atasnya pesan yang meminta informasi pribadi Anda seperti info kartu kredit Anda, surat ijin mengemudi, nomor asuransi sosial, tanggal lahir, dll. pesan mengklaim bahwa akun Anda akan dihapus atau dikunci kecuali jika Anda bertindak segera

Rich Snippets
Published
Article
Cara Melindungi Account Facebook Anda dari Hacker
Ratings
51star1star1star1star1star
Azizul Hakim

Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman

Leave a Reply