Cara Membuat Password Media Social yang Aman

hampir setiap akun yang Anda buat secara online, Anda diharuskan membuat kata sandi yang aman. Memilih yang sulit bagi orang lain untuk mencari tahu memerlukan kombinasi huruf dan huruf yang tidak mungkin. Untungnya, menyusun kata sandi yang sulit di-crack dan mudah diingat cukup mudah.

1. Menerapkan Dasar-Dasar Sandi

Pilih kata kunci yang tidak mudah tebak atau hack. Jangan gunakan kata atau frase yang sangat penting bagi Anda-seperti hari ulang tahun atau anggota keluarga. Itulah jenis informasi yang bisa ditemukan oleh seseorang yang melakukan sedikit penggalian.

2. Jangan berbagi kata sandi

Ini adalah undangan terbuka untuk akun online Anda, dan ini sering dimanfaatkan untuk menyelesaikan pencurian identitas online.

3. Pastikan kata sandi anda panjang

Panjangnya setidaknya delapan sampai 10 karakter, dan password yang lebih lama bahkan lebih aman. Beberapa situs atau aplikasi mungkin membatasi panjang kata kunci.

4. Gunakan Symbol

Gunakan setidaknya satu huruf kapital dan satu huruf kecil di dalam kata sandi Anda. Huruf kapital dan huruf kecil tidak boleh dikelompokkan bersama. Mencampurnya membuat kata kunci lebih sulit diprediksi. Strategi semacam ini mungkin mengarah pada “JeCaMiJe_” pada contoh pertama atau “HouseOnSpooner # 1500” pada contoh kedua.

5. Gunakan spasi di kata sandi Anda

Banyak sistem password tidak memungkinkan ruang yang sebenarnya, namun bisa berguna untuk memasukkan satu ke tengah kata kunci dengan sistem yang ada. Sebagai alternatif, garis bawah “_” atau dua dapat melayani fungsi serupa.

6. Buat kata sandi serupa namun berbeda untuk akun terpisah

Anda dapat menggunakan kata-kata dasar yang serupa untuk membantu Anda mengingat kata-kata kunci Anda dengan mudah tanpa membuatnya terlalu mudah untuk dipecahkan. Jadi “JeCaMiJe_” mungkin dimodifikasi sebagai “mykidsJeCaMiJe,” “HouseOnSpooner # 1500” mungkin menjadi “1500 * myfirstHouseOnSpooner.”

7. Pastikan kata sandi Anda dituliskan dan simpan di tempat yang aman

Pilih lokasi yang jauh dari komputer Anda (dan dari mencongkel mata), namun pastikan Anda dapat mengaksesnya dengan mudah. Jika lupa kata sandi Anda, Anda dapat mengambilnya tanpa banyak masalah
Saat menuliskan kata kunci Anda, pertimbangkan untuk mengkodekannya dengan pola offset agar kata kunci Anda lebih sulit dipahami oleh orang lain. Jadi, Gi7_ll bisa ditulis sebagai 2tk9 & Ik8_nn (di mana offset untuk pengkodean ditunjukkan oleh karakter pertama, dalam kasus ini +2). Ini berarti bahwa setiap karakter kode berikutnya adalah dua huruf atau angka alfabet lebih besar dari karakter kata kunci yang sebenarnya.

Metode kedua


Membuat Keamanan Password

1. Buat kalimat atau frase sebagai dasar untuk kata sandi anda

Ini adalah titik awal yang berguna untuk membuat kata sandi yang rumit dan sulit ditebak sementara mudah diingat. Ingat juga bahwa kata sandi Anda pada akhirnya harus panjang (setidaknya delapan sampai 10 karakter) dan mencakup beragam jenis karakter (huruf besar, huruf kecil, spasi atau garis bawah, dsb.).

Meskipun Anda harus menjauh dari informasi yang relevan secara pribadi sehingga orang lain dapat dengan mudah mengidentifikasi, masih mudah untuk membuat kata kunci yang dapat Anda ingat tanpa banyak masalah. Membuat pernyataan atau kalimat yang sesuai dengan Anda dapat menjadi dasar yang berguna untuk kata sandi Anda.
Salah satu contoh perangkat mnemonik adalah metode Person-Action-Object (PAO) yang dikembangkan oleh ilmuwan komputer Carnegie Mellon. Cukup pilih gambar atau foto seseorang yang berkesan melakukan tindakan dengan atau terhadap suatu benda – lalu buat mereka semua bersama untuk membuat ungkapan (betapapun lucu atau tidak masuk akal). Dengan memilih karakter (misalnya tiga huruf pertama dari setiap kata) dari frase tersebut, Anda dapat mengembangkan kata kunci yang mudah diingat.

2. Gunakan kalimat atau pernyataan Anda untuk membuat kata sandi yang mudah diingat

Dengan mengambil beberapa huruf dari frasa Anda, Anda dapat mengumpulkan kata sandi yang mudah diingat (mis. Dengan menggunakan dua atau tiga huruf pertama dari setiap kata dalam frasa Anda dan menyusunnya sesuai urutannya). Pastikan pernyataan atau kalimat Anda mencakup huruf besar dan kecil, angka dan karakter khusus.

3. Buat urutan kata dan / atau huruf yang kompleks namun mudah diingat

Anda bisa menggunakan ungkapan atau rangkaian huruf yang nampaknya acak tapi tetap mudah diingat. Seri huruf yang mudah diingat dapat membentuk “kata dasar” yang harus Anda tambahkan simbol atau angka
Jika anak Anda adalah Jessie, Cassey, Michael dan Jenny, kata dasar Anda mungkin “jecamije” – dua huruf pertama dari setiap nama digabungkan. Jika rumah pertamamu ada di Spooner Street, sebuah kata dasar mungkin “rumah yang tidak biasa.”

4. Gunakan setidaknya satu huruf, angka dan karakter khusus dalam kata sandi Anda

Jadi Anda bisa menambahkan garis bawah (atau tanda baca acak lainnya) dan angka untuk membuat “jecamije_.” Atau Anda bisa menambahkan simbol pada kata untuk membuat “houseonspooner # 1500.”

5. Hafalkan kata sandi Anda yang aman

Misalnya, kalimat seperti “Ibu saya lahir di Kansas City, Missouri pada tanggal 27 Januari” bisa menjadi kata sandi seperti MmwbiKC, MOoJ27. Atau sebuah kalimat seperti “Pertunjukan radio yang dimulai pada pukul 09:10 pada hari Senin, Rabu dan Jumat” bisa menjadi “Trsb @ 0910oM, W & F.”

6. Pertimbangkan untuk menggunakan Character Character / Character Palet komputer Anda untuk (opsional) memasukkan karakter khusus ke dalam kata sandi Anda

Windows dapat menemukan opsi ini di bawah Start Menu dengan mengklik All Programs, klik Accessories, klik System Tools dan akhirnya pilih Character Map. Pengguna Mac hanya perlu memilih Edit di bagian atas menu browser mereka dan kemudian memilih Karakter Khusus di bagian bawah menu Edit. Anda kemudian dapat mengganti beberapa huruf Anda dengan simbol khusus agar kata kunci Anda lebih sulit ditebak.
Simbol ini dapat menggantikan karakter yang lebih umum digunakan, namun perlu dicatat bahwa beberapa sistem kata kunci situs tidak akan menerima semua simbol yang tersedia. Sebagai contoh, “ЅϋΠЅηιη” dapat digunakan untuk menggantikan “sinar matahari”.
Ingat bahwa Anda harus benar-benar memasukkan kembali kata sandi ini saat mencoba mengakses situs web atau aplikasi, jadi pertimbangkan kesulitan yang terkait dengan akses karakter Anda secara berulang saat memasukkan kata sandi. Anda mungkin memutuskan itu terlalu merepotkan.

7. Ingatlah untuk memperbarui dan mengubah kata sandi

Anda seharusnya tidak menggunakan kata sandi yang sama di berbagai login Anda, dan Anda sebaiknya tidak menggunakan kata kunci yang sama selama lebih dari beberapa bulan sekaligus.

Metode ketiga


Menggunakan Software Password

1.Pilih program manajemen kata sandi

Perangkat lunak ini pada umumnya memungkinkan Anda untuk secara otomatis menangani berbagai macam kata kunci (untuk aplikasi dan situs web) dengan hanya memasukkan satu kata kunci “master” – secara signifikan lebih sederhana.

Image result for hack Password
Misalnya penghafalan dan tanggung jawab organisasi Anda. Manajer kata sandi akan menghasilkan, mengingat dan mengaudit berbagai kata kunci yang berbeda, kompleks dan aman untuk setiap login yang diminta saat Anda membiarkan Anda mengingat satu kata kunci utama tersebut. Beberapa pilihan yang paling populer termasuk LastPass, Dashlane, KeePass, 1Password dan RoboForm. Sejumlah artikel dan situs web menawarkan ulasan menyeluruh tentang program ini dan program lainnya.

1. Download dan instal manajer kata sandi

Instruksi khusus akan bervariasi tergantung pada program yang Anda pilih, jadi pastikan untuk mengikuti petunjuk dengan seksama. Secara umum, Anda harus mengunjungi situs web vendor yang sesuai dan klik tombol “unduh” sebelum mengikuti petunjuk penginstalan yang terkait dengan sistem operasi Anda.

2. Siapkan manajer kata sandi Anda.

Sekali lagi, prosesnya akan bervariasi tergantung pada program spesifiknya. Tapi ide dasarnya adalah menyiapkan kata sandi utama yang rumit yang memungkinkan produksi dan / atau pemeliharaan beberapa kata kunci khusus, situs dan aplikasi untuk mengakses tujuan mereka. Program yang paling populer cukup user-friendly ketika datang ke fungsi inti.

3. Sesuaikan preferensi Anda

Sebagian besar manajer password terbaik akan memberi Anda pilihan untuk menggunakan kata sandi utama Anda secara lokal atau disinkronkan di berbagai perangkat, jadi bersiaplah untuk menentukan yang terbaik bagi Anda. Anda juga dapat secara umum memutuskan apakah Anda ingin agar program memasukkan Anda ke situs secara otomatis dan apakah dia mengaudit kata kunci Anda yang berbeda untuk memastikannya cukup berbeda dan berubah secara reguler.

Rich Snippets
Published
Article
Cara Membuat Password Media Social yang Aman
Ratings
51star1star1star1star1star
Azizul Hakim

Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman

Leave a Reply