Cara Memperbaiki Website yang terkena Deface dan DDos

Berbicara tentang yang namanya website yang terkena Deface dan DDos itu sudah tidak asing lagi dikalangan bloger dan web perusahaan pada awalnya blog saya mengalami masalah (kena hack/ deface), yang menurut saya saat itu hal yang biasa, saya menggunakan cloudfire untuk membackup website dan melacak ip anonymous yang sedang sedang berjalan untuk menyerang website saya

berikut adalah cara mudah mengatasi website yang terkena hacker:

  1. Login cpanel, masukkan username dan password yang diberikan oleh pihak provider hosting anda.
  2. Setelah masuk cpanel, pilih icon file manager untuk memeriksa file-file php yang digunakan oleh website.
  3. Setelah masuk ke file manager, hapus file yang bernama index.html, karena biasanya para defacer hanya menambah file tersebut untuk merubah halaman website.
  4. Setelah dihapus maka website akan tampil dengan normal.

cara diatas adalah apabila website hanya dideface dengan penambhan file index.html saja, karena bermacam-macam cara mereka merubah halaman website bersar kemungkinan setiap kasus berbeda-beda, namun setidaknya seperti ini yang sering di alami.

Penyebab website berbasis wordpress sangat rentan diserang hacker:
Versi wordpress tidak terupdate, untuk itu silahkan update versi wp jika sudah tersedia wp versi terbaru, nanti akan say abahas cara mudah update versi wordpress dengan cepat.

 1. Memahami Awal Mula Masalah Kena Hack

Website yang sering terkena sasaran adalah wordprees, hal yang pertama adalah mengupdate wordprees karena hal ini mengakibatkan engine wordPress di blog menjadi rentan terhadap serangan hacker.

2. Mengupdate WordPress, Plugins, dan Password

mengupdate WordPress dan Plugins di blog tersebut. dan juga mengubah password WP admin dan cPanel menjadi lebih kuat dan melakukan scan virus.

3. Mengubah Halaman yang Bermasalah

Ketika blog saya itu dihack, yang pertama saya lihat adalah gambar iblis memegang tongkat trisula dengan tulisan Hacked By GeNErAL. Pada awalnya saya berpikir ini adalah masalah serius dan tidak mungkin bisa saya atasi sendiri, ternyata tidak seperti itu. Setelah saya pelajari, ternyata hacker hanya mengubah tampilan postingan saja, seolah-olah artikel tersebut diupdate.

Ini cara mengembalikan artikel lama:

a. Periksa tanggal revisi terbaru dari artikel tersebut. Pasti si hacker pernah mengupdate artikel tersebut dan mengubah isinya.

b. lihatlah ada beberapakali update pada satu postingan artikel yang bukan kita pelakunya. Untuk mengembalikan ke artikel lama, klik link tanggal revisi yang pernah kita lakukan. Lihat usernamenya.

c. Nanti akan muncul halaman revisi (revisions). Klik tombol “Restore This Revisions”, nanti kita akan kembali ke halaman editor dengan artikel lama.

d. Langkah terakhir, klik update. DONE. Postingan artikel lama akan kembali online.

Berapa Banyak Postingan di WordPress yang Telah Dirusak?

Terus terang saya tidak punya jawaban pasti, tapi menurut beberapa sumber disebutkan bahwa hacker telah merusak lebih dari 1.000.000 halaman artikel WordPress di seluruh dunia.

Bila Anda mengetikkan keyword “Hacked By GeNErAL”, Anda akan menemukan ada banyak sekali halaman yang sudah dirusak oleh hacker tersebut. Dan bukan hanya itu, ada beberapa keyword yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui kerusakan yang diakibatkan oleh metode hacking yang sama.

Lihat gambar berikut

Dengan metode yang sama, hacker juga mengirimkan pesan yang berbeda. Diantaranya adalah:

  • Hacked By MuhmadEmad – 444,000
  • Hacked By SA3D HaCk3D – 259,000
  • hacked by NG689Skw – 245,000
  • hacked by BALA SNIPER – 139,000
  • Hacked By TheWayEnd – 119,000
  • Hacked By GeNErAL – 87,000
  • HaCkEd By RxR HaCkEr – 65,600
  • Hacked by White HAt Hacker – 62,100
  • Hacked By HolaKo – 51,400
  • Hacked By XwoLfTn – 47,300
  • hacked By Fallag Gassrini – 25,900
  • Hacked By W4l3xzy3 – 17,500
  • Hacked By D.R.S Dz Team – 12,700
  • hacked by 3needan – 6,190
  • Hacked By Mr Secret – 4,220
  • Hacked By An0n 3xPloiTeR – 3,010

Reindeks Postingan Anda Secepatnya

Setelah memperbaiki halaman postingan artikel Anda, langkah berikutnya adalah meminta Google untuk mengindeks ulang halaman tersebut. Jangan sampai dilewatkan ya, karena ini cukup penting.

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, ketika satu halaman postingan artikel dihack/ deface, maka judul artikel Anda di Google akan muncul “Hacked By GeNErAL”. Jika dibiarkan, hal ini bisa berpengaruh pada peringkat blog Anda di Google.

Jadi, setelah memperbaiki kerusakan maka Anda harus cepat meminta Google untuk mengindeks ulang. Ini bisa dilakukan melalui akun Google Search Console (Google webmaster tools). Gunakan fitur “Fetch as Google” di Google Search Console, pilih opsi “Fetch and Render”, lalu klik “Submit to Indeks”.

Catatan:

Pengalaman saya ini bisa dijadikan pelajaran agar tidak terjadi pada website Anda. Sangat penting untuk selalu mengupdate WordPress dan plugins Anda setiap kali ada update terbaru untuk mencegah terjadinya kerusakan karena ulah hacker. Semoga bermanfaat.

Rich Snippets
Published
Article
Cara Memperbaiki Website yang terkena Deface dan DDos
Ratings
51star1star1star1star1star
Azizul Hakim

Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman

1 Response

  1. Rio says:

    Thanks gan, sangat membantu

Leave a Reply