Cara Mengembalikan Grub Loader Ubuntu

GNU GRUB (singkatan dari GNU GRand Unified Bootloader) adalah paket boot loader dari Proyek GNU. GRUB adalah implementasi referensi dari Spesifikasi Multiboot Free Software Foundation, yang memberi pengguna pilihan untuk melakukan booting dari beberapa sistem operasi yang terpasang pada komputer atau memilih konfigurasi kernel tertentu yang tersedia pada partisi sistem operasi tertentu.

seringkali Grub Loader ubuntu tidak dapat keluar pada saat proses booting, ini mengakibatkan kita tidak dapat memilih sistem operasi mana yang akan kita gunakan.

Untuk mengatasi Grub Loader yang hilang karena menginstall windows, kalian bisa melakukan langkah langkah berikut ini.

1. Siapkan file installasi ubuntu dan software unetbootin

2. Buat booting ubuntu tersebut, bisa menggunakan Flashdisk, hardisk eksternal, maupun menggunakan hardisk yang ada di komputer.

3. Setelah selesai restart komputer lalu masuk boot ubuntu tersebut dengan mode Live CD.

4. Buka terminal lalu masuk menjadi superuser dengan mengetikan sudo su, cek parisi menggunakan fdisk -l untuk mengetahui partisi linux yang ada pada hardisk.

ss1

5. Pada gambar diatas akan terlihat partisi linux yang kita miliki berada pada /dev/sda5. Maka kita mounting terlebih dahulu partisi tersebut dengan perintah berikut.

6. Install Grub Loader pada partisi yang sudah di mount tersebut dengan menggunakan perintah berikut.

ss2

Apabila muncul seperti gambar diatas, maka installasi Grub Loader sudah berhasil dilakukan. Lakukan restart pada komputer maka grub loader akan kembali dapat digunakan seperti semula.

Semoga Bermanfaat dan jalan lupa share agar permasalahan kawan kawanmu dapat teratasi juga 😀

Rich Snippets
Published
Article
Cara Mengembalikan Grub Loader Ubuntu
Ratings
51star1star1star1star1star
Azizul Hakim

Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman

Leave a Reply