Membajak Radio FM dengan Raspberry Pi & Wire

Pada bagian pertama kami pada perangkat lunak yang didefinisikan radio dan memberi sinyal pada intelijen, kami belajar bagaimana menyiapkan stasiun pendengar radio untuk menemukan dan memecahkan kode sinyal radio tersembunyi – sama seperti peretas yang memicu sistem sirene darurat di Dallas, Texas, mungkin memang begitu. Sekarang kita bisa mendengar di spektrum radio, sekarang saatnya untuk mengeksplorasi kemungkinan penyiaran di dunia yang terhubung dengan radio.

Jadi bagaimana para hacker di Dallas menyiarkan kode yang mereka temukan untuk mengendalikan sirene dan mengapa? Apakah ini merupakan gangguan untuk mengalihkan perhatian dari tujuan sebenarnya mereka, ujian pemerintah luar negeri yang menyelidiki infrastruktur Amerika, atau apakah mereka hanya terlibat dalam hobi Amerika yang dihormati saat itu karena menjengkelkan?

Apapun tujuan mereka, serangan itu dilakukan dengan menyiarkan ulang serangkaian kode di pita darurat sekitar 900 MHz untuk memicu serangkaian repeater untuk menakut-nakuti omong kosong dari beberapa orang Texas. Apakah mereka membutuhkan ribuan peralatan canggih untuk melakukannya? Kemungkinan tidak. Sebenarnya, kita bisa mengambil alih beberapa sistem radio tanpa mengetahui kode sama sekali hanya dengan mendekati target kita.

Tutorial ini akan menunjukkan teknik untuk menggunakan efek ini untuk meretas pita radio FM sipil dan memainkan muatan teknik sosial Anda sendiri. Mungkin Anda sama sekali tidak menyukai musik yang menjadi stasiun radio dalam bisnis atau kendaraan tertentu dan Anda ingin bermain sendiri. Mungkin Anda ingin memainkan sebuah pesan untuk mendapatkan target Anda untuk melakukan sesuatu yang Anda inginkan. Apapun tujuannya, yang benar-benar Anda butuhkan untuk menyiarkan ulang sinyal di spektrum radio adalah Pip Raspberry seharga $ 35 dan sebatang kawat untuk antena.

Pi sebagai Transmitter Radio yang Ditetapkan Perangkat Lunak untuk Hacking

Raspberry Pi, dengan penambahan beberapa perangkat lunak bebas, mampu menghasilkan daya pada salah satu pin input-output (GPIO) tujuan umum untuk mentransmisikan pada frekuensi radio FM sipil dari sekitar 87,5 MHz sampai 108 MHz. Tanpa kawat, jaraknya hanya satu atau dua kaki. Kami akan berfokus untuk menggunakan kemampuan ini untuk memasukkan pesan ke jenis sinyal radio yang paling umum yang dimiliki setiap orang. Radio FM ada di hampir setiap mobil dan di banyak bisnis dan rumah. Kemampuan untuk menyiarkan langsung kepada mereka memberi kita cara berbicara yang kuat kepada seseorang secara anonim, tampaknya berasal dari sumber yang terpercaya.

Para penggemar telah memeluk radio radio Pi FM dengan menambahkan kawat sebagai antena untuk streaming musik, komunikasi jarak pendek, dan bahkan sebagai modem FM untuk bertukar informasi antar perangkat. Aplikasi seperti rpitx bahkan bisa mentransmisikan gambar TV dengan pemindaian lambat via FM. Hack ini menyenangkan dan berguna untuk menciptakan sinyal dengan rentang yang terbatas, dan melalui beberapa pengujian, saya telah menemukan bahwa sinyal cukup kuat untuk mengalahkan stasiun FM dalam jarak dekat.

Memukul stasiun, juga dikenal sebagai “gangguan sinyal siaran”, memiliki efek membajak sinyal dan memungkinkan Anda menyisipkan pesan, lagu, pemrograman, atau informasi atau berita lain yang tampaknya sah untuk mendukung strategi rekayasa sosial. Pembajakan sinyal pada Pi sangat berguna untuk bisnis yang menggunakan radio FM atau sistem radio kendaraan dan dapat membantu Anda mempengaruhi keyakinan atau tindakan target dengan menyamar sebagai media outlet.

Mengapa Raspberry Pi Bekerja dengan Baik untuk Ini

Fakta bahwa Anda bisa memulai penyiaran di spektrum radio hanya dengan kawat sangat berguna bagi siapa saja yang tertarik pada proyek radio atau perangkat lunak yang didefinisikan radio, tapi bagaimana cara kerjanya?

Pin GPIO Pi memungkinkannya terhubung ke perangkat, namun dalam kasus ini, pin nomor 4 dapat berdenyut menggunakan jam Pi ke osilator gelombang persegi. Sementara ini berhasil, ada sejumlah isu yang harus dipertimbangkan sebagai hasil dari cara Pi menciptakan transmisi. Isu-isu ini berarti meningkatkan kekuatan juga meningkatkan kemungkinan menyebabkan kekacauan dalam frekuensi radio dan tertangkap oleh FCC, yang berarti alat ini hanya untuk serangan bedah tanpa menggunakan filter tambahan.

Masalah terbesar dalam menggunakan Pi adalah osilator gelombang persegi yang digunakan untuk menghasilkan sinyal, yang menghasilkan harmonisa yang dapat mengganggu frekuensi di luar yang akan Anda gunakan untuk disiarkan. Sebenarnya, harmonisa ini bisa berjalan cukup jauh dari band menjadi frekuensi yang dibatasi, yang berarti meningkatkan daya pada pemancar FM Pi tanpa menerapkan filter akan mengganggu semua jenis sinyal radio di sekitar Anda.

Sejarah Intrusi Sinyal Siaran

Sebuah gangguan sinyal siaran adalah pembajakan sinyal radio atau TV untuk memainkan pesan lain mengenai program resmi, dan relatif mudah untuk melakukan penolakan terhadap stasiun radio.

Sementara teknik yang lebih maju melibatkan penyambungan pesan ke siaran dengan membobol situs penerima, yang benar-benar dibutuhkan adalah pemancar FM yang mampu menyalakan sinyal penyiaran yang sah ke antena target. Jika target Anda hanya satu antena, Pi Raspberry dapat dengan mudah menyelesaikan aplikasi bedah gangguan siaran.

Secara historis, instruksi sinyal siaran telah dipekerjakan oleh peretas yang ingin menyampaikan pesan mereka ke publik, walaupun hanya sedikit, jika ada, mencoba menyembunyikan fakta bahwa stasiun tersebut telah dibajak. Motif berkisar dari protes politik hingga trolling dan kemacetan Jaringan Playboy karena alasan agama. Sementara kebanyakan hacker yang melakukan penyusupan berskala besar tertangkap, salah satu insiden paling terkenal dan paling aneh masih belum terpecahkan.

Mungkin insiden terdokumentasi terbaik dari gangguan sinyal yang disengaja adalah insiden Max Headroom di Chicago. Pada tahun 1987, stasiun TV WGN dan WTTW dibajak selama episode Dr. Who yang memainkan pesan pemindaian lambat yang menampilkan seorang pria di topeng Max Headroom yang bertele-tele dan berteriak, memanggil operator stasiun radio “kutu buku,” dan akhirnya dipukul oleh seorang wanita berpakaian preman Prancis dengan flyswatter.

Klip ini berlari selama hampir 90 detik dan hanya menjadi lebih membingungkan karena para insinyur tidak berdaya untuk mendapatkan kembali kendali, membuat berita nasional dan mengarah pada keterlibatan FBI dalam kasus ini. Terlepas dari perhatiannya, tidak ada yang yakin siapa hacker Max Headroom itu atau apa tujuan pengambilalihan Waim yang aneh dan kurang ajar yang seharusnya dilakukan di luar trolling puluhan ribu orang.

Dipercaya bahwa hack ini dilakukan tanpa akses fisik ke stasiun dan malah menggunakan pemancar radio canggih untuk mengalahkan sinyal sah yang diulang ke antena penyiaran yang lebih besar. Jika Anda penggemar seri Pak Robot, Kegagalan menggunakan hack ini berkali-kali untuk mendapatkan komunikasi video mereka di gelombang besar jaringan TV utama.

Sinyal Bedah Intrusi untuk Teknik Sosial

Dengan menyokong sinyal yang sah dengan milik kita, kita diberi dua pilihan: melakukan penolakan serangan layanan atau mencoba meniru lalu lintas yang sah di saluran. Kedua pilihan ini, omong-omong, adalah ilegal di sebagian besar negara karena kita membuat siaran radio yang sah.

Dalam serangan DOS, kita bisa membanjiri saluran radio FM yang digunakan untuk komunikasi dengan sinyal yang mencegah penularan yang sah agar tidak terdengar dan tidak berusaha berpura-pura menjadi transmisi sesungguhnya. Dalam serangan kedua, kami menyusun sebuah pesan yang dirancang untuk dianggap sah dan memasukkannya ke dalam pemrograman untuk memancing tanggapan. Ini bisa sesederhana laporan lalu lintas padat di jalan raya tertentu yang memerlukan rute yang berbeda, atau yang rumit seperti memainkan peringatan darurat SIGALERT yang menggambarkan mobil subjek sebagai kendaraan dari orang yang didakwa.

Karena kepercayaan yang ditempatkan di media dan sifat diam-diam pembajakan, subjek tidak mungkin mengetahui sinyal telah dibajak kecuali jika awal atau akhir dari saklar transmisi tampak tidak pada tempatnya.

  1. Persyaratan Hardware & Software

Untuk memulai penyiaran, kita tidak perlu banyak. Sebuah Raspberry Pi 2 atau 3 akan bekerja, dan kabelnya bisa bersumber dari kabel atau apapun yang Anda miliki. Saya menggunakan kawat tembaga inti terdampar dan padat dan keduanya bekerja dengan baik, meski inti padat lebih baik.

Inilah semua perangkat keras dan perangkat lunak yang Anda perlukan untuk panduan ini:

Sepotong kawat sekitar 3 kaki panjang untuk antena
Raspberry Pi 2/3 yang telah diperbarui sepenuhnya
pengetahuan tentang frekuensi yang Anda coba sela (atau dongle RTL-SDR $ 20 untuk menemukannya sendiri)
file sumber .wav
membuat dan libsndfile1-dev
PiFmRds dari GitHub

Untuk memulai, mari kita mengurus persyaratan perangkat lunak dengan menjalankan apt-get update dan apt-get install upgrade. Setelah versi Kali kita diperbarui dan ditingkatkan, kita dapat menginstal dependensi dengan menjalankan perintah berikut di jendela terminal.

apt-get install make libsndfile1-dev

2. Download & Konfigurasi PiFmRds

Hubungkan Pi Anda ke layar HDMI atau SSH ke dalamnya dari laptop Anda. Untuk mengkloning PiFmRds, ketik berikut ini ke jendela terminal:

git klon https://github.com/ChristopheJacquet/PiFmRds.git
cd PiFmRds / src
bersihkan
membuat

Ingatlah untuk menjalankan make clean seperti versi Raspberry Pi yang berbeda tidak kompatibel satu sama lain.

3.  Uji Transmisi Pertama Anda

Seharusnya begitu! Setelah menavigasi ke folder PiFmRds / src, Anda harus bisa menguji PiFmRds dengan menjalankan:

sudo ./pi_fm_rds -freq 107.0 -audio sound.wav

Ini akan memulai transmisi radio uji pada frekuensi 100.1. Karena kita belum memasang antena kawat kita, kita tidak bisa mengharapkannya untuk mentransmisikan apapun, bukan?

Ternyata, bahkan hanya pin GPIO yang mampu melakukan transmisi jarak pendek. Di sini, saya bisa melihat sebuah tes yang disiarkan dari beberapa kaki jauhnya bahkan tanpa memasang antena.

Anda harus menggunakan pin GPIO untuk menguji pesan Anda bila memungkinkan untuk menghindari gangguan dengan frekuensi lain yang tidak perlu. Sementara bagus untuk pengujian, pin saja tidak bisa mengalahkan sebuah stasiun. Setelah Anda memastikan bahwa Anda mentransmisikan, ayo coba hijacking sinyal.

4. Tambahkan Antena untuk Mengaktifkan Pembajakan Sinyal

Sekarang kita tahu kita mentransmisikan, ayo naik kekuatannya. Pasang sepotong kawat (alat pengukur padat atau terdampar akan dilakukan) ke pin GPIO ke-4 (lihat diagram untuk mengetahui mana itu).

Anda bisa menggunakan insulasi di sekitar kawat untuk menyimpannya di pin jika Anda mengerjakan pin antara isolasi dan tembaga di dalam kawat. Berikut adalah cara saya memasang beberapa kawat inti solid:

Dengan pengaturan ini, kisarannya meningkat secara dramatis. Saya bisa menerima transmisi radio di seluruh bangunan, termasuk di lantai atas dan bawah saya.

5. Muat File WAV & Mengalahkan Sinyal FM

Setelah kita meningkatkan kekuatan, kita bisa berharap bisa membajak sebuah stasiun radio saat kita berada dalam jarak sekitar dua puluh sampai tiga puluh kaki pemancar. Kenali stasiun yang ingin Anda hijack dan perhatikan frekuensi di megahertz. Untuk contoh ini, kita akan menganggap stasiun yang kita transmisikan berlawanan adalah 107,9 MHz.

Pada Pi Anda dengan antena terpasang, jalankan yang berikut di terminal untuk menargetkan dan membajak 107,9 dan memutar file audio audio.wav.

sudo ./pi_fm_rds -freq 107.9 -audio audio.wav

Anda harus mendengar demo audio masuk ke transmisi yang sah.

Letakkan file WAV di folder PiFmRds / src dan ganti nama pada perintah di atas untuk memutar pesan kustom Anda sendiri.

Peringatan terakhir
Sementara metode yang dijelaskan sangat mudah dan efektif, sengaja membuat siaran yang sah adalah ilegal di AS, dan kemungkinan besar terjadi di tempat lain. Sementara kemungkinan terdeteksi melakukannya dalam skala kecil rendah, meningkatkan kekuatan atau beroperasi pada frekuensi di luar band dapat membuat Anda dalam masalah dan mengganggu sinyal radio militer, polisi, dan sinyal responder pertama.

Rentang perangkat ini pendek, dan dengan bereksperimen dengan radio untuk mengukur jangkauannya, Anda dapat memvariasikan panjang kawat untuk menyesuaikan jangkauan. Selain itu, memutar pesan yang bisa membuat alarm atau menakut-nakuti orang dengan sengaja adalah cara yang bagus untuk mendapat masalah juga. Sementara lucu, contoh rudal nuklir Korea Utara saya (di video di atas) dapat menyebabkan kepanikan, jadi paling baik digunakan di laboratorium saja.

Gunakan akal sehat saat menentukan pesan yang ingin Anda kirim dan ingatlah kemungkinan subjek benar-benar akan mempercayainya.

Rich Snippets
Published
Article
Membajak Radio FM dengan Raspberry Pi & Wire
Ratings
51star1star1star1star1star
Azizul Hakim

Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman

Leave a Reply